pengertian SEKOLAH UNGGUL

Published 15 November 2012 by rama cahyati

Definisi Sekolah Unggul:
sekolah unggulan adalah sekolah yang mampu membawa setiap siswa mencapai kemampuannya secara terukur dan mampu ditunjukkan prestasinya tersebut.
Sekolah Unggulan dapat diartikan sebagai sekolah bermutu, namun dalam penerapan semua kalangan bahwa dalam kategori unggulan tersirat harapan-harapan terhadap apa yang dapat diharapkan dimiliki oleh siswa setelah keluar dari sekolah unggulan. Harapan itu tak lain adalah sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh orang tua siswa, pemerintah, masyarakat bahkan oleh siswa itu sendiri yaitu sejauh mana keluaran (output) sekolah itu memiliki kemampuan intelektual, moral dan keterampilan yang dapat berguna bagi masyarakat.
Tipe Sekolah Unggulan:
Tipe 1
Tipe ini yaitu, dimana sekolah menerima dan menyeleksi secara ketat siswa yang masuk dengan kriteria memiliki prestasi akademik yang tinggi. Meskipun proses belajar-mengajar sekolah tersebut tidak luar biasa bahkan cenderung ortodok, namun dipastikan karena memilih input yang unggul, output yang dihasilkan juga unggul.
Tipe 2
Sekolah dengan menawarkan fasilitas yang serba mewah, yang ditebus dengan SPP yang sangat tinggi, dan memang sekolah ini dibangun untuk membendung arus warga negara Indonesia yang berbondong-bondong sekolah ke luar negeri. Otomatis prestasi akademik yang tinggi bukan menjadi acuan input untuk diterima di sekolah ini, namun sekolah ini biasanya mengandalkan beberapa “jurus” pola belajar dengan membawa pendekatan teori tertentu sebagai daya tariknya. Sehingga output yang dihasilkan dapat sesuai dengan apa yang dijanjikannya.

Tipe 3
Sekolah unggul ini menekan pada iklim belajar yang positif di lingkungan sekolah. Menerima dan mampu memproses siswa yang masuk sekolah tersebut (input ) dengan prestasi rendah menjadi lulusan (output) yang bermutu tinggi

Strategi Menuju Sekolah Unggul:
A. Perspektif Input-Output (Seeley,1988)
Memandang luaran pendidikan yang unggul karena inputnya unggul.
Kelemahannya:
– eksklusif
– Mengabaikan siswa yang tidak unggul
B. Perspektif Proses Output (Walls,1990)
Memandang luaran pendidikan yang unggul akan ditentukan oleh proses (struktur persekolahan,lingkungan,corporate culture, pembelajaran efektif, dll).
Keuntungannya:
Memperhatikan siswa unggul dan kurang unggul.

Model Kombinasi dari dua strategi di atas:
– Memperhatikan “Minimal Requirement” anak didik yang akan diterima
– Kualifikasi Guru
– Kompetensi Guru
– Sarana dan prasarana yang baik
– Manajemen Sekolah yang efektif

Strategi dan Arah Menuju Sekolah Unggul
Kondisi Sekolah Saat Ini: Sosok Sekolah Unggul:
Dimensi kognitif: ke arah hafalan Dimensi kognitif: penguasaan pengetahuan dan bidang studi kompetensi
Dimensi keterampilan: ke arah mekanistik Dimensi keterampilan: ke arah life skill, berpikir kreatif, inovatif
Dimensi nilai: sudah terabaikan Dimensi nilai: sikap terhadap diri sendiri, orang lain, lingkungan, moral etos kerja
Dimensi hubungan (ranah interaktif kurang mendapat perhatian Dimensi hubungan yang interaktif, dialogis dan terbuka
PP19/2005 STRATEGI KEBIJAKAN

– Proses pembelajaran diselenggarakan sedemikian rupa sehingga terasa hidup, memotivasi, interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memberikan ruang yang cukup untuk berprakarsa, kreativitas dan kemandirian peserta didik sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik peerta peserta didik.
– Dalam proses pembelajaran pendidikan memberikan keteladanan
– Untuk terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien setiap satuan pendidikan melakukan perencanaan, pelaksanaan, penilaian proses pembelajaran dan pengawasan yang baik.

Hal-hal yang dapat diciptakan oleh sekolah unggul:
1. Mampu memberikan layanan optimal kepada seluruh anak dengan berbagai perbedaan bakat, minat kebutuhan belajar
2. Mampu meningkatkan secara signifikan kapabilitas yang dimiliki anak didik menjadi aktualisasi diri yang memberikan kebanggaan
3. Mampu membangun karakter kepribadian yang kuat, kokoh dan mantap dalam diri siswa
4. Mampu memberdayakan sumber daya yang ada secara optimal dan efektif
5. Mampu mengembangkan networking yang luas kepada stakeholder
6. Mampu mewujudkan sekolah sebagai organisasi pembelajar
7. Sekolah yang responsif terhadap perubahan

One comment on “pengertian SEKOLAH UNGGUL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: